Proses Batik Sekar Buen

  • Jun 29, 2021
  • Admin Desa Bangun Mulya
  • Batik Tulis Sekar Buen

Program Desa Sentra Batik Tulis yang diresmikan oleh Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud pada tanggal 10 September 2020, dimana sebelumnya program ini diawali dengan kegiatan Pelatihan Membatik tanggal 03 – 09 September 2020.

Tentunya bukan perkara mudah untuk merealisasikan Desa Bangun Mulya sebagai Desa Sentra Batik mengingat di Desa belum pernah ada pengrajin batik sebelumnya.

Namun dengan berjalannya waktu kendala-kendala yang muncul dapat dihadapi dengan semangat kebersamaan dan daya belajar yang tinggi dari kelompok membatik ini.

Setiap tantangan ditangkap sebagai pembelajaran, dan setiap kesempatan yang diberikan dijalani dengan sepenuh hat sebagai sebuah pengalaman baru yang menyenangkan.

Batik Tulis Desa Bangun Mulya diberi brand “Sekar Buen”, dimana “Sekar” berasal dari bahasa Jawa yang artinya bunga, dan “Buen” berasal dari bahasa Paser yang berarti baik. Jadi “Sekar Buen” berarti bunga yang penuh dengan kebaikan.

Hal ini dimaksudkan agar Batik Tulis Sekar Buen menjadi skalah satu produk unggulan Penajam Paser Utara yang bisa membawa nama harum bak bunga dan memberikan  kebaikan untuk para pengrajin, untuk pelanggan,  untuk Desa, untu daerah, dan tentunya menjadi berkah untuk bersama.

Dalam wawancara dengan Sekretaris Desa Bangun Mulya sekaligus selaku Ketua TPDMD untuk kegiatan membatik di Desa, disampaikan kegiatanapa saja yang sudah dilaksanakan terkait Program Desa Sentra Batik di Desa Bangun Mulya :

  1. Pelatihan Membatik tanggal 03 – 09 September 2020
  2. Peresmian Desa Sentra Batik tanggal 10 September 2020 oleh Bupati Penajam Paser Utara
  3. Pameran Membatik dalam rangka Peringatan Hari Batik tanggal 02 Oktober 2020
  4. Batik Sekar Buen dipakai dalam acara Fashion Show dengan tema “The Lovely Spirit of Borneo“ yang diadakan oleh Bank Indonesia Balikpapan
  5. Lolos Kurasi Bank Indonesia (BI) untuk kategori produk UMKM sektor fashion tanggal 18 November 2020
  6. Pameran Virtual Karya Kreatif Indonesia di Gedung Dekranasda Balikpapan yang diadakan oleh Bank Indonesia Balikpapan, tanggal 20 Nopember 2020
  7. Pameran di Ballroom Hotel Ika, Petung, Penajam Paser Utara, dalam rangka mendukung kegiatan pertunjukan virtual dengan tema “Bergerak Searah Melawan Pandemi” oleh Kementrian Kominfo tanggal 24 Nopember 2020
  8. Kujungan Kerja dari Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Timur ke Desa Bangun Mulya dalam rangka pengembangan produk kerajinan di Penajam Paser Utara, tanggal 16 Nopember 2020

Untuk mengetahui lebih lanjut proses pembuatan Batik Tulis Sekar Buen, silahkan sima video dibawah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=MXUbhs6_HE4&t=7s
 

“Bagi warga Desa Bangun Mulya yang ingin bergabung dalam kegiatan pemberdayaan dan pengembangan ekonomi kreatif di Desa mari kita belajar bersama, menyalurkan bakat dan kreatifitas untuk sama-sama kita wujudkan sentra batik di Desa Bangun Mulya” demikian disampaikan Yuni Nurhayati Aka di akhir sesi wawancara.