BUPATI LAUNCHING INOVASI 5UC DESA BANGUN MULYA

  • Jul 23, 2021
  • Admin Desa Bangun Mulya
  • News

Program Aplikasi Pelayanan Terpadu Berbasis 5UC (Solusi) Berbasis Digital Inovasi Desa Bangun Mulya yang merupakan Inovasi Desa Bangun Mulya Kecamatan Waru.

Begitu ungkap Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H. Abdul Gafur Mas’ud, SE saat Launching aplikasi 5UC (solusi) Rabu (4/12) didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU Budi Santoso, AP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Suyanto, Camat Waru H. Suwinto, S.Ag dan Kepala Desa Bangun Mulya Sudono di Gedung Pertemuan Kantor Kecamatan Waru.

Dalam sambutannya AGM menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini dan semoga dapat mendorong upaya peningkatan Kualitas Pelayanan kepada Masyarakat baik Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil maupun Pelayanan lain yang sesuai dengan kewenangan Desa dengan menggunakan aplikasi berbasis Teknologi lnformasi.

“Saya memandang kegiatan ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara untuk meningkatkan Kapasitas dan Inovasi dalam hal Pelayanan Publik, agar Pemerintahan Desa siap secara struktural” ucapnya

Pemerintahan Desa sebagai ujung tombak Pelayanan Publik serta verifikator awal dalam setiap pelayanan diberbagai tingkatan harus dapat memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat, untuk memenuhi kebutuhan pelayanan serta menghindari kemungkinan kesalahan administrasi. sebut AGM

“Dalam hal ini, dengan adanya dukungan teknologi informasi yang diterapkan oleh pemerintah desa diharapkan dapat menghasilkan kevalidan atau keakuratan data, sehingga data tersebut dapat dengan mudah diupdate dan diakses oleh aparatur desa dengan mengedepankan kesederhanaan operasional” Pungkasnya

Kepala Diskominfo menambahkan “Program ini membutuhkan koordinasi yang matang dengan Disdukcapil dan kami akan segera upayakan apasaja yang kita siapkan tindak lanjut dari program ini”katanya budi. Aplikasi ini terbuka jadi bagi Desa yang ingin memanfaatkan tinggal mereplikasi.

“Kami selalu menyampaikan kepada rekan-rekan di Desa bahwa untuk kemajuan Desa cukup dengan ATM BANK (Amati, Tiru, Modifikasi dan kembangkan)” tegasnya.

Sementara itu Kepala Desa Bangun Mulya menjelaskan, Program Aplikasi ini diciptakan dengan sangat sederhana tetapi dengan manfaat yang luar biasa dan Aplikasi ini sangat berbeda dari Aplikasi – Aplikasi yang sebelumnya sudah ada.

5UC (dibaca SOLUSI) adalah sistem database kependudukan yang dirancang dengan sistem pelayanan satu pintu (one stop service) sehingga memudahkan sistem pelayanan di desa/kelurahan secara cepat., akurat dan tercatat (terekam). SUC adalah salah satu upaya dalam rangka memenuhi kebutuhan Informasi secara cepat, tepat, lengkap, akurat dan terpadu untuk menunjang proses administrasi pemerintahan, pelayanan masyarakat dan memfasilitasi partisipasi dan dialog publik di dalam perumusan kebijakan.

“Tujuan dari aplikasi 5UC ini agar bisa lebih memaksimalkan kinerja Pemerintah Desa/Kelurahan dalam mengoptimalkan pelayanan, Informatif, Pemberdayaan, Keamanan Data, dan Profil Desa” pungkasnya.