76 KK TERDAMPAK COVID-19 HARI INI TERIMA BLT

  • Jul 01, 2021
  • Admin Desa Bangun Mulya
  • Covid-19, News

Sebanyak 76 kepala keluarga di Desa Bangun Mulya (BM) hari ini, Kamis 14 Mei 2020, mulai menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemerintah Desa Bangun Mulya. Bantuan yang berasal dari Dana Desa (DD) itu diberikan secara langsung dengan cara mendatangi rumah setiap warga yang berhak menerima bantuan (door to door).

Penyaluran bantuan BLT ini dilaksanakan langsung oleh para kepala dusun dan BPD, dibantu oleh ketua RT masing-masing. Selain itu, penyaluran ini juga disaksikan oleh Kepala Desa Bangun Mulya, Sekdes BM, Babinsa BM, Babinkamtibmas BM, dan beberapa pejabat luar Desa Bangun Mulya, antara lain Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Badan Keuangan Penajam Paser Utara, Camat Waru, pendamping kecamatan, tenaga ahli keccamatan, dan pendamping Pro P2KPM.

“Masing-masing KK akan menerima 600 ribu per bulan selama tiga bulan. Jadi, mulai Mei sampai Juli,” terang Kades Bangun Mulya, Sudono.

Pendistribusian BLT dan penempelan sticker penerima BLT

Penetapan ke-76 KK yang berhak menerima BLT itu sendiri dilakukan melalui mekanisme musyawarah dan verifikasi yang ketat yang melibatkan banyak unsur, di antaranya Badan Permusyawaratan Desa (BPD), para kepala dusun, ketua RT, dan pemerintah desa itu sendiri.

Seperti diketahui bahwa pemerintah pusat telah mengeluarkan amanah melalui Peraturan Menteri Desa No. 6 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan No. 40 b Tahun 2020 kepada seluruh desa di Indonesia untuk menyalurkan BLT yang berasal dari Dana Desa (DD). Ini sebagai wujud tanggung jawab pemerintah dalam membantu warga miskin terdampak Covid-19.