Potensi Desa Bangun Mulya

  • Jun 30, 2021

Potensi desa adalah segenap sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimiliki desa sebagai modal dasar yang perlu dikelola dan dikembangkan bagi kelangsungan dan perkembangan desa.

Potensi Fisik dan Non Fisik :

  • Sumber Daya Alam

    Sumber daya alam yang dimiliki desa seperti lahan kosong, sungai, sawah,perkebunan,   hutan, pegunungan yang pada saat ini belum dimanfaatkan secara maksimal.

  • Sumber Daya Manusia

    Potensi yang dimiliki Desa Pegiringan adalah tenaga, kader kesehatan,kader pertanian, dan tersedianya SDM yang memadai ini bisa dilihat dari tabel tingkat pendidikan di atas rata-rata adalah SMP/SMA.

  • Sumber Daya Sosial

    Potensi sumber daya sosial  yang dimiliki Desa Pegiringan adalah banyaknya lembaga-lembaga yanga ada dimasyarakat seperti LPM,Gapoktan,Kelompok Pengajian, Arisan, Kelompok Simpan Pinjam,Posyandu,Karang Taruna  ,dan lain-lain.

  • Sumber Daya Ekonomi

    Potensi sumber daya ekonomi yang dimiliki Desa Pegiringan adalah adanya Lahan-Lahan Pertanian, Perkebunan, maupun Peralatan Kerja Seperti Peternakan,Perikanan.

Potensi Desa Bangun Mulya, lebih jelas kami paparkan sebagai berikut :

Potensi yang ada di Desa Bangun Mulya untuk mendukung kemajuan Desa, baik dari sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan, sarana prasarana maupun ekonomi dan sosial budaya.

1. Sumber Daya Alam

Pertanian/Perkebunan, Desa Bangun Mulya adalah salah satu Desa penghasil sawit dan padi oleh sebab itu tanaman sawit dan padi adalah tanaman unggulan di Desa Bangun Mulya dengan luas perkebunan sawit Kurang lebih 966,00 Ha dan sawah 394,63 Ha.

 

2. Sumber Daya Manusia dan Sosial

Potensi sumber daya manusia yang dimiliki Desa Bangun Mulya adalah tenaga, kader posyandu, dan tersedianya SDM.

Potensi sumber daya sosial  yang dimiliki Desa Bangun Mulya lembaga-lembaga yanga ada dimasyarakat seperti LPM, Kelompok Informasi Masyrakat, PKK , Karang Taruna dan Bismantaka.

Jumlah laki-laki : 2.374 orang

Jumlah perempuan : 2.236 orang

Jumlah total : 4.610 orang

 

3. Sumber Daya Ekonomi

Potensi sumber daya ekonomi yang dimiliki Desa Bangun Mulya adalah adanya Perkebunan kelapa sawit.