Buen Festival

  • Jul 13, 2021

Buen Festival adalah sebuah perhelatan hari raya kebudayaan masyarakat Penajam Paser Utara,yang digelar pertama kali di tahun 2016 ini. Buen ( dalam bahasa paser) yang arti nya bagus,baik merupakan idiom atau pilihan kata yang pas,karena entitas tanah paser yang merupakan sebuah entitas kearifan lokal, menjadi sebuah penali dari keragaman suku yang ada di Penajam Paser Utara.

Buen Festival tahun ini berada di Desa Bangun Mulya kec.Waru dimana diadakan secara swadaya warga serta sinergi antar komunitas se Kab Penajam Paser Utara. Ruang harai raya Kebudayaan seperti Buen Festival ini merupakan upaya masyarakat Penajam Paser Utara untuk menggiatkan ruang-ruang kampung sebagai LUMBUNG IDE serta menggiatkan kampung-kampung di Penajam Paser Utara untuk lebih mandiri,kreatif dalam spirit ber kebudayaan.

Kabupaten Penajam Paser Utara, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah Penajam. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara disebelah Utara, sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar dan Kota Balikpapan, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Pasir dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat. Penajam merupakan kabupaten termuda di provinsi Kalimantan Timur yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Pasir.