PELATIHAN MEMBATIK DI DESA BANGUN MULYA

  • Jul 01, 2021
  • Admin Desa Bangun Mulya
Lokasi Kegiatan: Gedung Serbaguna Desa Bangun Mulya
Tanggal Kegiatan: Sep 03, 2020 s/d Sep 09, 2020

Pelatihan Batik yang dilaksanakan di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada tanggal 03 – 09 September 2020.

Merupakan program peningkatan kapasitas masyarakat yang didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Bangun Mulya Tahun Anggaran 2020 bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus Kabupaten melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Kelurahan dan Perdesaan Mandri (ProP2KPM).

Pelatihan ini mendatangkan narasumber dari Yogyakarta, seorang pengusaha batik sukses wanita (Batik Paras Ayu Jogja) dan dosen pengajar bergelar doktor di salah satu Universitas di Yogyakarta.

Melalui pelatihan ini ibu dosen yang akrab disapa Ibu Ayu ini menyampaikan materi dan praktek yang sangat padat tentang batik mulai dari teknik mencanting, mendesain, mewarnai, fiksasi.

Selain menggunakan APBDesa kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari daerah melalui APBD dan pihak ketiga dalam hal ini PT WKP berupa pengadaan mesin canting yang diberikan kepada Desa guna mempermudah proses dan memperlancar kegiatan membatik.Semua dukungan diberikan dalam rangka mewujudkan Program Desa Sentra Batik di Desa Bangun  Mulya.

Program Pembangunan dan Pemberdayaan Kelurahan dan Perdesaan Mandri (ProP2KPM) adalah salah satu program dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara Tahun 2018-2023.

Khususnya percepatan pembangunan di bidang infrastruktur dasar, pendidikan dan kesehatan serta menanggulangi kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi kreatif kerakyatan, perekonomian berbasis perdesaan dan kelurahan serta kelompok masyarakat minoritas, terpencil dan terpinggirkan, melalui pembangunan desa dan kelurahan serta pembangunan kawasan perdesaan dan kelurahan.

ProP2KPM merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan SDM masyarakat Penajam Paser Utara dalam menghadapi perpindahan ibu kota baru di Penajam Paser Utara.